Minggu, 13 April 2014


Apa itu fotosintesis???
Fotosintesis adalah proses biokimia yang dilakukan tumbuhan untuk memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya. atau dapat pula diartikan proses penyusunan atau pembentukan dengan menggunakan energi cahaya atau foton.Pada dasarnya, fotosintesis merupakan proses penyusunan karbohidrat atau zat gula dengan menggunakan energi matahari. Matahari sebagai sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi. Namun tidak semua organisma mampu secara langsung menggunakannya. Hanya golongan tumbuhan dan beberapa jenis bakteri saja yang mampu menyerap energi matahari dan memanfaatkannya untuk fotosinrtesis. Melalui fotosintesis, tumbuhan menyusun zat makanan yaitu karbohidrat (pati / gula). Karena kemampuan menyusun makanannya sendiri inilah, tumbuhan disebut organisma ototrof.  para ilmuwan meneliti mengenai proses fotosintesis. ada beberapa percobaan yang dapat membuktikan terjadinya proses fotosintesis. diantaranya adalah percobaan Ingenhouzs dan Uji Sach. 
Perhatikan skema Ingenhouzs dibawah ini :


 
Percobaan ini membuktikan bahwa :
(1) Gas yang dikeluarkan oleh tumbuhan itu ternyata adalah O2,
(2) Cahaya matahari dibutuhkan untuk proses tersebut,
(3) Bagian yang berhijau daun saja yang mengeluarkan O2. 

selain percobaan ingenhouzs, ada juga uji sach yang bertujuan untuk membuktikan bahwa fotosintesis pada daun memerlukan cahaya dan menghasilkan amilum. skema dari uji sach adalah sebagai berikut :

Untuk memperjelas pemahaman mengenai bagaimana proses fotosintesis terjadi, perhatikan video dibawah ini :











Nah, perlu kita tahu bahwa pada proses fotosintesis, melalui daun, tumbuhan menyerap molekul karbondioksida juga air dalam rangka menghasilkan gula dan juga oksigen. Kedua senyawa tersebut kemudian akan digunakan sebagai penyokong pertumbuhannnya. terjadi reaksi seperti dibawah ini :
Tumbuhan yang melakukan proses fotosintesis memerlukan bantuan cahaya matahari. Tumbuhan mampu menyerap cahaya matahari sebab memiliki zat hijau daun atau klorofil. Klorofil ini ada di dalam bagian organel bernama kloroplast. Pada bagian daun tumbuhan, terdapat dua lapisan sel yang dinamai denegan mesofil. pada bagian ini terdapat kurang lebih setengah juta kloroplast yang tersebar di setiap millimeter persegi. Cahaya matahari selanjutnya akan melewati lapisan epidermis yang tanpa warna kemudian melaju menuju mesofil. Pada bagian inilah sebagian besar kegiatan fotosintesis berlangsung. Organ utama tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun tepatnya pada bagian stomata atau mulut daun. Proses fotosintesis ini terdiri atas dua rangkaian reaksi yakni reaksi terang dan juga reaksi gelap. Dinamakan rekasi terang sebab prosesnya membutuhkan cahaya. Sementara itu reakasi gelap adalah proses fotosintesis yang tidak lagi melibatkan cahaya tetapi hanya karbondioksida.

0 komentar:

Posting Komentar