RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 x 45 menit)
Kompetensi Inti : Kompetensi Inti 3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Dasar : Kompetensi Dasar 3.2
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian ekosistem
2. Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
3. Memberikan 3 contoh makhluk hidup dan tak hidup
4. Mengidentifikasikan benda-benda yang termasuk makhluk hidup dan tak hidup.
5. Membedakan benda-benda disekitar yang termasuk makhluk hidup dan tak hidup berdasarkan karakteristiknya.
6. Membandingkan gerak aktif dan gerak pasif pada makhluk hidup.
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Melalui diskusi, peserta didik diharapkan mampu dengan tepat menjelaskan pengertian ekosistem sesuai teori.
b. Melalui observasi, peserta didik diharapkan mampu dengan tepat :
1. Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup sesuai observasi yang telah dilakukan.
2. Mengklasifikasikan benda-benda di sekitar yang termasuk makhluk hidup dan tak hidup sesuai dengan LKS
c. Siswa mampu membedakan gerak aktif dan pasif pada makhluk hidup melalui observasi sesuai dengan LKS
II. Materi ajar :
Di lingkungan sekitar kita terdapat banyak sekali benda yang bersifat alamiah, seperti batu, pasir, logam, dan udara. Benda-benda di sekitar selain bersifat alamiah, juga bersifat buatan hasil kerja manusia, seperti pensil, baju, bahan makanan, ban mobil, kaca, sepeda, motor mobil. Benda-benda hasil buatan manusia bahan dasarnya berasal dari bahan alam, seperti wajan untuk memasak berasal dari tembaga yang merupakan bahan alam, pensil berasal dari bahan karbon dan sebagainya. Benda-benda tersebut ada yang bersifat sederhana ada pula yang bersifat kompleks, misalnya sebuah mobil bersifat kompleks karena terdiri dari berbagai bahan, antara lain, besi, alumunium, karet, kaca, kulit sintetis, dan beberapa bahan lainnya.
Setiap jenis benda mempunyai sifat atau ciri yang membedakannya dari jenis benda lain. Manusia akan terus berinovasi untuk terus memproduksi berbagai jenis benda dari bahan alam maupun buatan untuk keperluan hidup manusia. Setiap jenis benda mempunyai sifat atau ciri yang membedakannya dari jenis benda lain, yaitu bentuk benda, ukuran benda, warna benda, keadaan permukaan benda, dan bahan penyusun benda.
Apakah benda-benda di lingkungan sekitar semuanya bergerak, memerlukan makanan, bernapas, dan bertambah banyak? Anak ayam dan pohon, semuanya bergerak, memerlukan makanan, bernapas, dan berkembang biak. Mengapa hal ini terjadi? Hal tersebut terjadi karena anak ayam dan pohon adalah makhluk hidup. Bola tidak bisa bergerak jika tidak ditendang. Demikian juga dengan kursi, jika tidak didorong tidak akan bergerak. Bola dan kursi tidak bernapas, tidak memerlukan makanan, dan tidak bertambah banyak. Mengapa demikian? Karena mereka adalah makhluk tak hidup.
Jadi, makhluk hidup adalah makhluk yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Bernapas
b. Bergerak
c. Makan dan minum
d. Tumbuh dan berkembang
e. Berkembang biak
f. Peka terhadap rangsang
g. Adaptasi
III. Metode Pembelajaran:
Metode : Observasi dan diskusi
Pendekatan : Keterampilan Proses
Model : Cooperative Learning
IV. Sumber Belajar
· Buku Paket
· Buku Penunjang
· LKS
· Lingkungan sekitar
V. Alat dan Bahan
· LKS
VI. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama (90 menit)
1. Kegiatan pendahuluan (10 menit)
· Memotivasi siswa dengan menceritakan lingkungan sekitar yang terdiri dari berbagai macam benda, kemudian meminta beberapa siswa menyebutkan benda apa saja yang termasuk makhluk hidup dan tak hidup yang ada di lingkungan sekolah.
· Membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan (menyumbang ide) berdasarkan jawaban yang disebutkan siswa:
a. Apakah semua makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama?
b. Apakah benda mati selalu tidak memiliki ciri yang dimiliki makhluk hidup?
c. Apa sajakah cirri makhluk hidup yang dapat diamati secara langsung?
d. Bagaimana perbedaan gerak pada hewan dan tumbuhan?
· Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, perilaku berkarakter dan keterampilan sosial.
2. Kegiatan inti (70 menit)
· Menggali informasi dengan meminta siswa menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup yang mereka ketahui
· Membagi siswa dalam kelompok kooperatif (2-3 siswa) dalam setiap kelompok, kemudian membagi LKS: ciri-ciri makhluk hidup dan tak hidup
· Dipandu LKS 1, guru membimbing siswa melakukan pengamatan, komunikasi dan menarik kesimpulan secara jujur, bertanggung jawab, dan saling bekerja sama dengan anggota kelompok.
· Guru mendampingi siswa dalam melakukan observasi
· Setelah observasi selesai, guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengerjakan soal pada LKS secara jujur dan mandiri berdasarkan hasil observasi.
· Guru membimbing siswa secara kelompok bagaimana mengelompokkan makhluk hidup dan tak hidup berdasarkan pengamatan.
· Guru melakukan evaluasi formatif dengan meminta beberapa kelompok mempresentasikan hasil pengamatan secara tanggung jawab dan ditanggapi kelompok lain. Pada saat presentasi kelompok lain diharapkan mendengarkan dengan sebaik-baiknya dan bertanya apabila tidak sesuai dengan hasil pengamatannya
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
· Guru membimbing siswa menyumbangkan ide untuk membuat rangkuman pelajaran dan mencatat hasil rangkuman secara individu untuk melatih kejujuran dan tanggung jawab
· Guru memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang kinerjanya baik
· Guru mengingatkan siswa untuk belajar materi selanjutnya tentang ciri makhluk tak hidup.
0 komentar:
Posting Komentar